home

Wednesday 21 Oct, 2015

Terlihat Seperti Apakah Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit infeksi seksual yang umumnya menular. Penyakit ini juga dikenal dengan nama kondiloma acuminata atau kutil kelamin. Penyakit ini hanya dapat dicegah dengan menggunakan kontrasepsi penghalang ketika penderita sedang melakukan hubungan seksual. Namun jika Anda ragu apakah memang sedang menderita penyakit kutil kelamin atau memiliki hubungan seksual dengan seseorang yang baru didiagnosis, maka informasi kami berikut ini semoga bisa membantu Anda.

Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang disebut Human Papilloma Virus. Ini adalah virus yang sangat menular dan ditularkan melalui hubungan seksual. Kondisi ini biasanya kemudian bermanifestasi menjadi kutil atau benjolan. Virus biasanya sangat senang berkembang di daerah genital yang lembab, atau menginfeksi lapisan paling atas dari daerah genital. Jika sudah begitu, maka infeksi ini dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh berkembang biak secara abnormal dan menyebabkan pembentukan kutil.

Sebagaimana disebutkan di atas, kutil kelamin biasanya terlihat di dalam dan sekitar daerah genital. Jika yang menjadi penderita penyakit ini adalah pria, maka gejala dapat ditemukan pada ujung atau batang penis, jika terus dibiarkan maka kutil juga dapat menyebar ke skrotum dan anus. Jika yang menjadi penderita adalah wanita, kutil biasanya terlihat pada alat kelamin eksternal atau disebut vulva, vagina dan di daerah antara antara vulva dan vagina. Selain itu, kutil juga dapat muncul di mulut dan tenggorokan jika penderita terlibat dalam kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.

Gejala dari kutil ini adalah banjolan daging yang berwarna abu-abu. Pertumbuhanya bisa terjadi secara tunggal atau berkelompok, dalam beberapa kasus kutil kelamin juga terlihat seperti massa yang berbentuk kembang kol. Ukuran umum dari kutil adalah sekitar satu millimeter, namun terkadang ukuranya bisa lebih besar. Jika sudah mengalami pertumbuhan kutil ini, biasanya juga berhubungan dengan iritasi atau gatal-gatal di daerah kelamin, penderita juga mungkin mengalami pendarahan saat berhubungan seks jika sudah mengidap penyakit ini dikarenakan erosi jaringan kutil. Dalam beberapa kasus kutil juga bisa saja tanpa gejala. Yang paling dikhawatirkan adalah jika anda terinfeksi dan sedang hamil, maka infeksi laten dapat semakin menyebar karena kehamilan dan cenderung memperburuk infeksi yang sudah ada.

Kutil kelamin terlihat seperti benjolan dalam beberapa kasus atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali, namun hal ini tidak berarti Anda dapat mengabaikan penyakit kutil kelamin. Human Papilloma Virus yang jadi penyebab penyakit ini juga telah terbukti menjadi penyebab kanker. Hal ini terutama berlaku untuk wanita, di mana virus telah menunjukkan hubunganya dengan kanker serviks. Kesimpulanya, jika Anda sedang hamil maka sangat penting untuk mencari pengobatan. Kutil kelamin terlihat tidak berbahaya, tetapi mungkin ditularkan ke bayi Anda selama proses kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius dalam jangka panjang.
Jika Anda tidak tahu apa pertanda awal dari penyakit ini atau terlihat seperti apa, maka sebaiknya segera kunjungi ahli medis yang mengerti tentang penyakit ini. Kemudian pencegahan dapat anda lakukan sendiri dengan selalu menggunakan perlindungan ketika Anda berhubungan seks dengan seseorang yang riwayat seksualnya tidak diketahui.