home

Saturday 24 Oct, 2015

Mengobati Kutil Kemaluan Dengan Cryotherapy

Cryotherapy adalah prosedur medis yang melibatkan pemanfaatan dingin yang ekstrim untuk menghancurkan pertumbuhan abnormal pada kulit. Hal ini digunakan untuk meringankan penyakit kulit seperti kutil, tahi lalat, tag kulit, dan keratosis surya. Cryotherapy dianggap salah satu perawatan yang paling efektif juga untuk kutil kelamin, tapi prosedur pengobatan ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan medis. Dalam artian meskipun anda mungkin mendapatkan bahan kimia yang diperlukan untuk membekukan kutil genital anda di rumah, sangat disarankan agar membiarkan seorang ahli medis melakukannya. Cryotherapy dapat menimbulkan efek samping berat bila dilakukan dengan cara yang salah.

obat kutil kemaluan

Nitrogen cair adalah zat kimia utama yang digunakan dalam prosedur cryotherapy. Zat ini digunakan untuk membekukan kutil kelamin dan penyakit kulit lainnya pada tingkat sel. Super-cooled cairan disemprotkan ke kutil. Awalnya kutil akan melepuh kemudian mulai membeku. Setelah beberapa hari, menyembuhkan luka. Baik melepuh dan kutil kemudian jatuh. Seringkali diperlukan lebih dari satu sesi cryotherapy untuk sepenuhnya menghilangkan semua kutil kelamin.
Cryotherapy ini tidak invasif sebagai prosedur lain tetapi sangat efektif dalam mengobati gejala-gejala kutil kelamin. Tapi selain manfaat ini, cryotherapy juga diketahui membawa beberapa efek samping yang tidak begitu berbahaya seperti jaringan parut dan iritasi kulit ringan. Satu-satunya perhatian utama adalah bahwa daerah terdekat dari kulit yang sehat dapat menjadi rusak.

Interferon juga dapat digunakan untuk membekukan kutil selain dari nitrogen cair. Ini adalah bahan kimia anti-virus yang disuntikkan langsung ke dalam kutil kelamin. Metode interferon hanya digunakan dalam kasus yang parah untuk kutil kelamin. Selain itu, prosedur ini lebih mahal daripada yang menggunakan nitrogen cair. Metode interferon juga lebih rumit sehingga harus dilakukan oleh seorang praktisi medis yang terampil. Ketika kutil kelamin terus muncul kembali setelah setiap kali dilakukan pengobatan, maka interferon biasanya menjadi pilihan. Mirip dengan nitrogen cair, interferon hanya akan menyingkirkan gejala kutil kelamin dan tidak menjamin bahwa kutil tidak akan terulang lagi.

gambar kutil kelamin pada pria

Biasanya, pasien yang menjalani cryotherapy merasa sedikit nyeri serta mengalami kemerahan kecil di daerah yang dirawat. Efek samping ini dapat dinetralkan melalui asupan oral penghilang rasa sakit seperti aspirin atau ibuprofen serta penggunaan steroid topikal dalam bentuk krim atau salep. Efek samping lain adalah luka lecet. Namun, ini pada akhirnya akan membentuk menjadi koreng dan kemudian mengupas dari waktu ke waktu.

Jika saat ini anda mengidap penyakit kutil kelamin dan ingin menjalani perawatan dengan tujuan sepenuhnya menyingkirkan kutil ini, maka yang harus diingat bahwa virus yang menyebabkan kutil yang disebut human papillomavirus (HPV) belum ada obatnya. HPV dapat bertahan dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama tanpa gejala . Cryotherapy pasti tidak akan menyingkirkan virus tapi satu-satunya jaminan untuk menghilangkan kutil secara eksternal. Tapi dengan virus masih dalam sistem tubuh anda, maka mungkin saja anda akan mengalami kekambuhan kutil kelamin dari waktu ke waktu.

Selain itu, jika Anda sudah memiliki kutil kelamin, itu berarti bahwa Anda pasti terinfeksi virus ini dan anda dapat saja menularkanya kepada orang lain melalui kontak langsung dengan kulit. Kabar buruk lainnya adalah bahwa pada wanita, beberapa jenis HPV yang hadir dalam tubuh mereka dapat menyebabkan tidak hanya kutil kelamin, tetapi juga kanker serviks.